SELEKSI PEMUDA PELOPOR, WAHANA ORBITKAN POTENSI PEMUDA LOMBOK TIMUR

  • Rabu, 16 Juni 2021 - 07:43:40 WIB
  • Administrator
SELEKSI PEMUDA PELOPOR, WAHANA ORBITKAN POTENSI PEMUDA LOMBOK TIMUR

Selong 14 Juni 2021

Program pemuda pelopor merupakan agenda Nasional yang dilaksanakan tiap tahun. Proses seleksinya dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten, provinsi hingga ke seleksi Naisonal. Program pemuda pelopor dihajatkan untuk memotivasi para pemuda untuk membangun keteladanan diri sejak dini, sehingga kedepannya iya memiliki pemikiran visioner untuk membangun Negeri.

Kepeloporan pemuda sangat diperlukan untuk dapat melakukan terobosan bagi upaya mengatasi masalah masalah yang dihadapi secara lebih spesifik, kepeloporan pemuda sejatinya merupakan wahana memecahkan berbagai masalah. Dimana kepelopana itu sendiri merupakan akumulasi dari semangat, sikap,dan kesukarelawan yang dilandasi kesadaran diri atas tanggujawab sosial untuk menciptakan sesuatu dan atau mengumbah gagasan menjadi suatu karya nyata yang dilaksanakan secara konsisten, gigih dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat serta di akui pemerintah.

Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten  Lombok  Timur  melalui bidang pemberdayaan pemuda mengadakan penyeleksian pemuda pelopor  tingkat  kabupaten Lombok timur tahun 2021 dengan berbagai bidang kepeloporan yaitu, bidang pengelolaan SDA, lingkungan dan pariwisata, bidang pangan, bidang pendidikan, bidang inovasi tekhnologi dan bidang agama, sosial dan budaya.

Tahun ini jumlah peserta calon pemuda pelopor yang telah mendaftarkan diri sebanyak 32 peserta dari seluruh kecamatan di Lombok Timur, yang tersebar sesuai bidang kepelooran masing masing.

Mulai pada hari kamis tanggal 3 juni 2021 segenap panitia Melaksakan rapat koordinasi Bersama tim juri pemuda pelopor untuk membahas teknik penilaian penyeleksian pemuda pelopor. Mengingat banyaknya peserta maka tim juri seleksi dibagi menjadi dua tim, guna memeprcepat proses di lapangan.

Selanjutnya mulai hari senin 7 juni sampai 10 juni, tim juri melaksanakan penyeleksian ketempat atau kelokasi calon pemuda pelopor untuk melihat fakta kepeloporannya di lapangan, sesuai dengan jadwal yang sudah di tentukan oleh panitia penyelenggara.

Dari beberapa temuan dilapangan, terkuak bahwa pemuda pemuda kreatif sangatlah banyak yang nyaris tak pernah terfublikasi ke permukaan, adanya program pemuda pelopor ini menjadi salah satu program yang unggulan yang nanti menjadi sarana untuk berkompetisi para pemuda dalam menunjukan potensi serta kretarivitasnya dalam berbagai karya.

Salah satunya adalah, pemuda yang dapat menciptakan printer 3D yang mampu mencetak berbagai miniature yang terbuat dari melamin plastic, selain itupula, seorang pemuda yang mampu menciptakan aflikasi belanja online layaknya bukalapak dan Lazada yang diberi nama aplikasi belanja “Belibae”.

Program pemuda pelopor menjadi salah satu program Unggulan Dinas Pemuda dan Olahraga, karena melaui program ini, menjadi wahana orbitkan potensi dan kretavitas pemuda di Kabupaten Lombok Timur.

  • Rabu, 16 Juni 2021 - 07:43:40 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya